Kamis, 19 April 2012

PEMIKIRAN SOSIAL PADA MASA NABI MUHAMMAD SAW


 MAKALAH

Oleh :
Halimah Kurnianingsih
NIM: 10120082
SKI

BAB I
PENDAHULUAN
Apabila berbicara tentang pemikiran sosial Islam pada masa Nabi Muhammad SAW., maka tidak  akan terlepas dari kehidupan sosial di masa itu. Lahirnya agama Islam yang di bawa oleh Nabi Muhammad SAW., pada abad ke-7 M, menimbulkan suatu tenaga penggerak yang luar biasa, yang pernah dialami oleh umat manusia. Kemunculan Agama Islam sekitar abad tersebut tidak dapat dilepaskan dari kondisi sosial masyarakat Arab pada masa itu yang kita kenal dengan zaman jahiliyahnya. Kondisi sosial bangsa Arab itulah yang menyebabkan lahirnya pemikiran sosial pada masa Nabi SAW.
Adanya pemikiran sosial Islam pada masa Nabi SAW. ini selanjutnya akan berpengaruh dalam perkembangan Islam ke seluruh penjuru dunia. Dengan demikian, pemakalah berharap dengan ditulisnya makalah ini, dapat memberikan penjelasan tentang pemikiran sosial Islam pada masa Nabi SAW, sehingga pembaca dapat mengetahui lebih jelas tentang hal tersebut.
Untuk lebih lanjutnya makalah ini akan sedikit menguraikan kondisi masyarakat bangsa Arab pada awal lahirnya agama Islam serta pemikiran sosial Islam pada masa Nabi SAW. Semoga makalah ini dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua dalam rangka menambah khazanah keilmuan kita. Tiada gading yang tak retak, mohon kritik dan sarannya demi perbaikan yang lebih baik.

BAB II
PEMBAHASAN
A.            Kondisi Sosial Bangsa Arab
Solidaritas kesukuan dalam masyarakat Arab pra –Islam merupakan ikatan sosial yang paling azasi. Walau bagaimana pun, Islam menggantinya dengan masyarakat yang anggotanya berdasarkan keimanan yang sama, sebagai ganti ikatan darah. Perasaan keagamaan, yang menggantikan affiliasi kesukuan, menjadi basis masyarakat Islam. Kewajiban dan keharusan kehidupan seorang Muslim, baik imbalan maupun siksaan, berlaku terhadap lelaki maupun wanita dalam sifat yang sama.[1]
Dalam struktur masyarakat Arab terdapat kabilah (suku) sebagai intinya. Ia adalah organisasi keluarga besar yang biasanya hubungan antara anggota-anggotanya terkait oleh pertalian darah. Beberapa kabilah yang pernah menguasai Mekah antara lain Amaliqah, Jurhum, khuza’ah dan yang terakhir adalah Quraisy.
B.            Pemikiran Sosial Islam pada Masa Nabi Muhammad SAW
Pemikiran sosial Islam pada masa Nabi SAW (utamanya nabi Muhammad SAW sendiri) itu terlihat dari tindaka-tindakan Nabi, orientasinya, keadilan, kesetaraan dan pemberian hak yang sama.
Pertama, bisa dilihat dari dakwah pertama Nabi yang menyentuh orang-orang kecil di tanah Mekkah dengan menyatakan orang-orang miskin bukan orang-orang lemah, mereka punya hak yang sama dengan yang lainnya. Beliau juga telah menaikkan derajat perempuan, yang sebelumnya di masa jahiliyyah para perempuan mengalami pelecehan, dan diskriminasi. Selanjutnya ketika Nabi memasuki kota Mekah, Nabi berjalan bersandingan dengan Bilal yang merupakan seorang budak dan Usamah yang tergolong dari golongan besar, berjalan bersandingan. Juga penghapusan perbudakan secara berangsur-angsur yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan demikian, Nabi mengubah pemikiran yang sebelumnya terjadi perbedaan status, gender, dsb., menjadi pemikiran tentang kesetaraan, tidak ada lagi perbedaan status, gender,dsb.
Kedua, piagam Madinah menunjukkan rasa demokrasi yang besar dimana kaum Yahudi minoritas masih dapat menjalankan kehidupan dengan aman melalui piagam Madinah tersebut.
Ketiga, pembagian harta yang juga diberikan untuk perempuan, yang dibuktikan dengan adanya hokum pembagian harta warisan, di dalam hokum tersebut menjelaskan juga bagian-bagian yang diterima oleh para ahli waris perempuan. Wanita juga berhak mendapatkan pembelajaran atau pendidikan.
            Praktek-praktek muamalah lainnya yang menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW. sejak awal dakwahnya mempunyai pemikiran sosial yang berorientasi pada keadilan, kesetaraan, persamaan, dan tindak kezholiman.
Selain itu, juga dilakukannya mempersaudaraan antara kaum muhajirin yang merupakan kaum yang berasal dari mekkah yang hijrah ke Madinah dengan kaum Anshar yang meupakan kaum yang member pertolongan kepada kaum muhajirin, agar tak terpupus rasa keterasingan dan agar beliau merasa ada yang menghibur setelah meninggalkan sanak-keluarga, dan mereka saling menopang. [2]
Strategi Nabi mempersaudarakan Muhajirin dan Anshar untuk mengikat setiap pengikut Islam yang terdiri dari berbagai macam suku dan kabilah ke dalam suatu ikatan masyarakat yang kuat, senasib, seperjuangan dengan semangat persaudaraan Islam. Rasulullah SAW mempersaudarakan Abu Bakar dengan Kharijah Ibnu Zuhair Ja’far, Abi Thalib dengan Mu’az bin Jabal, Umar bin Khatab dengan Ibnu bin Malik dan Ali bin Abi Thalib dipilih untuk menjadi saudara beliau sendiri. Selanjutnya setiap kaum Muhajirin dipersaudarakan dengan kaum Anshar dan persaudaraan itu dianggap seperti saudara kandung sendiri. Kaum Muhajirin dalam penghidupan ada yang mencari nafkah dengan berdagang dan ada pula yang bertani mengerjakan lahan milik kaum Anshar.
Nabi Muhamad SAW dalam menciptakan suasana agar nyaman dan tenteram di kota Madinah, maka dibuatlah perjanjian dengan kaum Yahudi. Dalam perjanjiannya ditetapkan dan diakui hak kemerdekaan tiap-tiap golongan untuk memeluk dan menjalankan agamanya.
Hijrahnya kaum muhajirin ini untuk berjuang di jalan Allah SWT dan untuk menyiarkan agama Islam. Bukan untuk tujuan seperti untuk memperoleh kedudukan, jabatan yang tinggi dan apalagi untuk menjajah bangsa lain. Semuanya murni karena Allah SWT. Kemudian, Kaum Anshar menerima dengan baik kaum muhajirin dan bersedia untuk dipersaudarakan dan juga berani untuk berkorban untuk kaum muhajirin. Kaum Anshar menyembut dengan baik kehadiran kaum Muhajirin dan menyambutnya seperti menyambut saudaranya sendiri yang telah lama tidak bertemu.[3]
Selain itu, bentuk pemikiran-pemikiran sosial Islam pada masa Nabi Muhammad yang lainnya ialah dengan tidak boleh melukai anak-anak dan ibu-ibu ketika perang.

BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
           Kondisi sosial Arab sebelum datangnya Islam, antara lain, Solidaritas kesukuan dalam masyarakat Arab pra –Islam merupakan ikatan sosial yang paling azasi, dan juga dalam struktur masyarakat Arab terdapat kabilah (suku) sebagai intinya, diantara kabilah- kabilah yang berkuasa di Arab, ialah Amaliqah, Jurhum, khuza’ah dan yang terakhir adalah Quraisy.
  Pemikiran sosial Islam pada masa Nabi SAW (utamanya nabi Muhammad SAW sendiri) itu terlihat dari tindaka-tindakan Nabi, orientasinya, keadilan, kesetaraan dan pemberian hak yang sama.
           Kemudian, diantara pemikiran-pemikiran sosial Islam pada masa Nabi Muhammad SAW., yaitu pada masa lahirnya agama Islam ialah pemikiran tentang kesetaraan, tidak ada lagi perbedaan status, gender,dsb; piagam Madinah menunjukkan rasa demokrasi yang besar dimana kaum Yahudi minoritas masih dapat menjalankan kehidupan dengan aman, pembagian harta yang juga diberikan untuk perempuan, pemikiran sosial yang berorientasi pada keadilan, kesetaraan, persamaan, dan tindak kezholiman, juga dilakukannya mempersaudaraan antara kaum muhajirin dengan kaum Anshar.
DAFTAR PUSTAKA
Esposito, John L., 1990. ISLAM DAN POLITIK. Terj: H.M. Joesoef Sou’yb. Bulan Bintang : Jakarta.
http://pelayananhaji.com/persaudaraan-antrara-kaum-muhajirin-dan-anshar.html

[1] Esposito, John L., 1990. ISLAM DAN POLITIK. Terj: H.M. Joesoef Sou’yb. Bulan Bintang : Jakarta. Hal. 5

ALIRAN FILSAFAT : ATEISME


MAKALAH

Oleh :
Halimah Kurnianingsih         NIM: 10120082
SKI

BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang Masalah
Ateisme adalah sebuah pandangan filosofi yang tidak mempercayai keberadaan Tuhan dan dewa-dewi ataupun penolakan terhadap teisme. Dalam pengertian yang paling luas, ia adalah ketiadaan kepercayaan pada keberadaan dewa atau Tuhan.[1]
Orang yang pertama kali mengaku sebagai "ateis" muncul pada abad ke-18. Batasan dasar pemikiran ateistik yang paling luas adalah antara ateisme praktis dengan ateisme teoretis. Terdapat berbagai alasan-alasan teoretis untuk menolak keberadaan tuhan, utamanya secara ontologis, gnoseologis, dan epistemologis. Selain itu terdapat pula alasan psikologis dan sosiologis.
B.   Rumusan Masalah
Beberapa pokok permasalahan yang dibahas dalam makalah ini antara lain:
1.      Siapa dan bagaimana orang yang pertama kali memakai kata ateisme?
2.      Apa perbedaan dari ateisme, komunisme dan agnostisisme?
3.      Apa persamaan dari ateisme dan materialisme?


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Sejarah Awal Ateisme
Penulis Perancis abad ke-18, Baron d'Holbach adalah salah seorang pertama yang menyebut dirinya ateis. Dalam buku The System of Nature (1770), ia melukiskan jagad raya dalam pengertian materialisme filsafat, determinisme yang sempit, dan ateisme. Buku ini dan bukunya Common Sense (1772) dikutuk oleh Parlemen Paris, dan salinan-salinannya dibakar di depan umum.[2]
Kata ateisme (atheism) berakar dari dua kata bahasa Yunani, ”a” yang berarti tanpa atau tidak dan ”theos” yang berarti tuhan. Seorang ateis (atheist), berdasarkan akar katanya, adalah orang tanpa keimanan pada Tuhan; tidak harus meyakini bahwa Tuhan tidak ada.[3] Ateisme sebagai pandangan filosofi adalah posisi yang tidak mempercayai akan keberadaan tuhan dan dewa (nonteisme) atau menolak teisme sekaligus. Pada kebudayaan Barat, ateis seringkali diasumsikan sebagai tak beragama (ireligius). Beberapa aliran Agama Buddha tidak pernah menyebutkan istilah 'Tuhan' dalam berbagai upacara ritual, namun dalam Agama Buddha konsep ketuhanan yang dimaksud mempergunakan istilah Nibbana. Karenanya agama ini sering disebut agama ateistik. Walaupun banyak dari yang mendefinisikan dirinya sebagai ateis cenderung kepada filosofi sekuler seperti humanisme, rasionalisme, dan naturalisme, tidak ada ideologi atau perilaku spesifik yang dijunjung oleh semua ateis.
Untuk menghindari kebingungan, beberapa orang membedakan antara ateisme positif dan ateisme negatif. Yang pertama merujuk pada negasi keberadaan tuhan, sementara yang kedua berarti hidup ’tanpa tuhan’, sesuai dengan akar Yunani kata tersebut. Sebagai lawan dari ateisme biasanya digunakan kata teisme (theism) yang diartikan sebagai keimanan pada Tuhan personal yang aktif penciptaan makhluk dan menurunkan wahyu. Dengan demikian, ateisme adalah kebalikan dari deisme, yang menganggap tuhan tidak lagi berperan dalam penciptaan, dan panteisme yang percaya bahwa tuhan sama dengan alam semesta. Ateisme negatif, secara luas, adalah ketidakpedulian terhadap persoalan eksistensi tuhan, yang mencakup tidak hanya tuhan teistik saja. Ateisme positif, di sisi lain, adalah ketidakpercayaan aktif terhadap semua tuhan. atau tuhan teistik saja. Untuk memertahankan konsep ateisme positif, dalam makna diatas, ada dua hal yang harus dilakukan. Pertama alasan-alasan untuk percaya pada tuhan teistik harus ditolak, dan, kedua, alasan-alasan untuk tidak percaya pada tuhan teistik mesti dijabarkan.
            Ateisme pertama kali digunakan untuk merujuk pada "kepercayaan tersendiri" pada akhir abad ke-18 di Eropa, utamanya merujuk pada ketidakpercayaan pada Tuhan monoteis. Pada abad ke-20, globalisasi memperluas definisi istilah ini untuk merujuk pada "ketidakpercayaan pada semua tuhan/dewa", walaupun adalah masih umum untuk merujuk ateisme sebagai "ketidakpercayaan pada Tuhan (monoteis)".[4]
            Ateisme lahir dari sejarah yang panjang, sebagai salah satu anak dari modernisme. Meskipun cikal bakal ateisme sebenarnya sudah muncul dari Xenophanes di zaman Yunani Kuno, yang mengatakan bahwa dewa-dewa yang ada hanyalah gambaran manusia saja dan tidak mungkin dewa yang agung kelakuannya sama dengan manusia, modernisme tetap menjadi ibu kandung dari ateisme, terlebih ateisme yang menjadi lawan dari teisme, khususnya teisme versi Yudeo-Kristiani. Dalam versi Islam awal munculnya ateis adalah perdebatan dengan kaum zindiq dan mutazilah.
Ateisme juga bukan sebuah pemikiran anti-agama dan anti-tuhan namun sering kali dikacaukan dengan Antiteisme yang merupakan suatu pemikiran anti-agama atau anti-tuhan. Ateisme bukanlah agama karena tidak punya ajaran tertentu, tidak punya kitab suci tertentu, dan tidak juga menyembah apapun. Membedakan ateisme dari paham lainnya
Ateisme sama sekali berbeda dengan komunisme. Komunisme pada umumnya ateis, tetapi ateis tidak berarti komunis. Komunisme adalah sebuah sistem pemikiran yang dapat dikembangkan menjadi ideologi dan bahkan sistem pemerintahan, sementara ateisme merupakan sistem ke(tidak)percayaan. Agnostisisme tidak sama dengan ateisme. Agnostisisme artinya tidak mengetahui apakah Tuhan ada atau tidak. Sementara ateisme tidak mempercayai keberadaan Tuhan. Ateisme hanyalah suatu keadaan sebatas 'tidak percaya bahwa Tuhan ada', tidak lebih dari itu.

B.   Klasifikasi Ateisme
Suatu gambaran yang menunjukkan hubungan antara definisi ateisme kuat/lemah dengan ateisme implisit/eksplisit. Ateis implisit tidak memiliki pemikiran akan kepercayaan pada tuhan; individu seperti itu dikatakan secara implisit tanpa kepercayaan pada tuhan. Ateis eksplisit mengambil posisi terhadap kepercayaan pada tuhan; individu tersebut dapat menghindari untuk percaya pada tuhan (ateisme lemah), ataupun mengambil posisi bahwa tuhan tidak ada (ateisme kuat).
Para filsuf seperti Antony Flew, Michael Martin, dan William L. Rowe membedakan antara ateisme kuat (positif) dengan ateisme lemah (negatif).[5] Ateisme kuat adalah penegasan bahwa tuhan tidak ada, sedangkan ateisme lemah meliputi seluruh bentuk ajaran nonteisme lainnya. Menurut kategorisasi ini, siapapun yang tidak mempercayai agama atau tuhan dapatlah ateis yang lemah ataupun kuat. Istilah lemah dan kuat ini merupakan istilah baru, namun istilah yang setara seperti ateisme negatif dan positif telah digunakan dalam berbagai literatur-literatur filosofi dan apologetika Katolik (dalam artian yang sedikit berbeda). Menggunakan batasan ateisme ini, kebanyakan agnostik adalah ateis lemah.
Smith menciptakan istilah ateisme implisit untuk merujuk pada "ketiadaan kepercayaan teistik tanpa penolakan yang secara sadar dilakukan" dan ateisme eksplisit untuk merujuk pada definisi ketidakpercayaan yang dilakukan secara sadar.
C.   Dasar Pemikiran
Batasan dasar pemikiran ateistik yang paling luas adalah antara ateisme praktis dengan ateisme teoretis. Bentuk-bentuk ateisme teoretis yang berbeda-beda berasal dari argumen filosofis dan dasar pemikiran yang berbeda-beda pula. Sebaliknya, ateisme praktis tidaklah memerlukan argumen yang spesifik dan dapat meliputi pengabaian dan ketidaktahuan akan pemikiran tentang tuhan/dewa.[6]
1.    Ateisme Praktis
Dalam ateisme praktis atau pragmatis, yang juga dikenal sebagai apateisme. Menurut pandangan ini, keberadaan tuhan tidaklah disangkal, namun dapat dianggap sebagai tidak penting dan tidak berguna; tuhan tidaklah memberikan kita tujuan hidup, ataupun memengaruhi kehidupan sehari-hari. Ateisme praktis dapat berupa: Ketiadaan motivasi religius, yakni kepercayaan pada tuhan tidak memotivasi tindakan moral, religi, ataupun bentuk-bentuk tindakan lainnya. Pengesampingan masalah tuhan dan religi secara aktif dari penelusuran intelek dan tindakan praktis; Pengabaian, yakni ketiadaan ketertarikan apapun pada permasalahan tuhan dan agama; dan Ketidaktahuan akan konsep tuhan dan dewa.
2.    Ateisme Teoretis
Ateisme teoretis secara eksplisit memberikan argumen menentang keberadaan tuhan, dan secara aktif merespon kepada argumen teistik mengenai keberadaan tuhan. Terdapat berbagai alasan-alasan teoretis untuk menolak keberadaan tuhan, utamanya secara ontologis, gnoseologis, dan epistemologis. Selain itu terdapat pula alasan psikologis dan sosiologis.[7]
1)      Argumen epistemologis dan ontologis
Ateisme epistemologis berargumen bahwa orang tidak dapat mengetahui Tuhan ataupun menentukan keberadaan Tuhan. Dasar epistemologis ateisme adalah agnostisisme. Dalam filosofi imanensi, ketuhanan tidak dapat dipisahkan dari dunia itu sendiri, termasuk pula pikiran seseorang, dan kesadaran tiap-tiap orang terkunci pada subjek. Menurut bentuk agnostisisme ini, keterbatasan pada perspektif ini menghalangi kesimpulan objektif apapun mengenai kepercayaan pada tuhan dan keberadaannya.
2)      Argumen metafisika
Ateisme metafisik didasarkan pada monisme metafisika, yakni pandangan bahwa realitas adalah homogen dan tidak dapat dibagi. Ateis metafisik absolut termasuk ke dalam beberapa bentuk fisikalisme, sehingga secara eksplisit menolak keberadaan makhluk-makhluk halus. Ateis metafisik relatif menolak secara implisit konsep-konsep ketuhanan tertentu didasarkan pada ketidakkongruenan antara filosofi dasar mereka dengan sifat-sifat yang biasanya ditujukan kepada tuhan, misalnya transendensi, sifat-sifat personal, dan keesaan tuhan.
3)      Argumen psikologis, sosiologis, dan ekonomi
Para filsuf seperti Ludwig Feuerbach dan Sigmund Freud berargumen bahwa Tuhan dan kepercayaan keagamaan lainnya hanyalah ciptaan manusia, yang diciptakan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan psikologis dan emosi manusia. Karl Marx dan Friedrich Engels, dipengaruhi oleh karya Feuerbach, berargumen bahwa kepercayaan pada Tuhan dan agama adalah fungsi sosial, yang digunakan oleh penguasa untuk menekan kelas pekerja.
4)      Argumen logis dan berdasarkan bukti
Ateisme logis memiliki posisi bahwa berbagai konsep ketuhanan, seperti tuhan personal dalam kekristenan, dianggap secara logis tidak konsisten. Mereka berargumen bahwa kemahatahuan, kemahakuasaan, dan kemahabelaskasihan Tuhan tidaklah cocok dengan dunia yang penuh dengan kejahatan dan penderitaan, dan welas kasih tuhan/dewa adalah tidak dapat dilihat oleh banyak orang. Argumen yang sama juga diberikan oleh Siddhartha Gautama, pendiri Agama Buddha.
5)      Argumen antroposentris
Ateisme dalam bentuk ini menganggap kemanusiaan sebagai sumber mutlak etika dan nilai-nilai, dan mengizinkan individu untuk menyelesaikan permasalahan moral tanpa bergantung pada Tuhan.
D.    Hubungan Ateis dengan Moral
Para ateis dapat berpegang pada berbagai kepercayaan etis, mulai dari universalisme moral humanisme, yang berpandangan bahwa nilai-nilai moral haruslah diterapkan secara konsisten kepada seluruh manusia, nilai moral universal bisa didapat dimana saja tidak harus diperoleh dalam doktrin dan aturan agama, bahkan didalam mata hati setiap orang pasti mengatakan bahwa yang tidak baik tidak boleh dilakukan dipungkiri atau tidak itu memang dapat dirasakan. Ateisme hanyalah suatu keadaan sebatastidak percaya bahwa Tuhan ada, tidak lebih dari itu. [8]
E.     Kaitan antara Ateisme dengan Materialisme
Materialisme karakteristiknya adalah materi itu absolut, materi tidak terbatas dan segala sesuatu terdiri dari materi, jadi kalau materi dijadikan paham maka segala sesuatu didasari dengan kenyataan terlihat oleh mata dan ada wujudnya. Masalah tuhan, malaikat, jin merupakan hal yang ghaib tidak ada wujudnya dan tidak tampak. Jadi agama yang mempunyai keyakinan terhadap benda-benda tidak kasat mata tidaklah sesuai dengan paham materialisme, orang yang mempercayai paham tersebut tidak percaya adanya agama yang mengimani sesuatu yang nonmaterial jadi dapat dikatakan masuk kedalam ateisme, oleh sebab itu materialisme selalu dihubungkan dengan ateisme. Materialisme dapat dikatakan seperti ateisme karena bentuk dan substansinya sama-sama tidak mengakui adanya tuhan.[9]
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
            Pada dasarnya ateisme merupakan sebuah pandangan filosofi yang tidak mempercayai keberadaan Tuhan dan dewa-dewi ataupun penolakan terhadap teisme. Para filsuf seperti Antony Flew, Michael Martin, dan William L. Rowe membedakan antara ateisme kuat (positif) dengan ateisme lemah (negatif). Walaupun antara ateisme dengan agnoistisme itu sepertinya sama, namun sebenarnya keduanya itu berbeda. Ateisme tidak mempercayai keberadaan Tuhan, sedangkan agnoistisme artinya tidak mengetahui apakah Tuhan ada atau tidak. Ateisme juga berbeda dengan komunisme, karena komunisme merupakan sebuah sistem pemikiran yang dapat dikembangkan menjadi ideologi dan bahkan sistem pemerintahan, sementara ateisme merupakan sistem ke(tidak)percayaan.
 Walaupun secara mendasar ateisme dan materialisme itu bertentangan, ateisme karakteristiknya adalah tuhan itu tidak ada dan materialism karakteristiknya adalah materi itu absolut, tidak mempercayai hal ghaib seperti tuhan, roh, dll, namun keduanya memiliki kesamaan, yaitu sama-sama tidak mempercayai adanya tuhan.
DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/AteiAteisme. 7 Desember 2011. pukul 13.27.
http:// tamandharma.com/forum/index.php?topic=6558.0. 7 Desember 2011. Pukul 13.30


[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Ateisme
[2] Ibid.
[3] http://robbani.wordpress.com/2009/03/10/ateisme/
[4] http://akalbudiislam.forumid.net/t102-sejarah-ateisme
[5] http://id.wikipedia.org/wiki/Ateisme
[6] Ibid.
[7] Ibid.
[8] http:// tamandharma.com/forum/index.php?topic=6558.0
[9] Ibid.